Minggu, 08 Maret 2020

Tips Merawat Motor Yang Baik Dan Benar

Untuk beberapa mahasiswa, sepeda motor adalah salah satu rekan setia yang akan menemani ke mana saja setiap harinya. Tidak ayal banyak yang memandang sepeda motor telah seperti pacar sendiri.



Seperti pacar, sepeda motor perlu dilihat. Yah, jangan sampai jadi pemakai yang licik, yang hanya memakainya saja tanpa ada memberikannya perhatian. Bisa-bisa jika kalian lepas, si motor dapat ngambek. Tahu kan, jika sudah ngambek umumnya ngapain? Ya, diem saja. Bergerak.

Untuk menghindarkan ngambeknya motor, kalian sebaiknya menjaga serta memerhatikannya sepenuh kasih. Nah, kesempatan ini aku akan share panduan mudah untuk menjaga motor agar intensif ngambeknya sedikit.

Bersihkan Motor Teratur

Sepeda motor ialah cerminan dari pemiliknya. Jika motornya kinclong, bersih, serta ganteng, umumnya pemiliknya demikian. Demikian juga sebaliknya.

Nah, masalah membersihkan motor ini umumnya seringkali ditinggalkan oleh pengggunanya. Apalagi jika telah masuk musim hujan. Beuh, rasa-rasanya malas benar bersihkan motor, terasa lakukan hal yang percuma.

Eit, nantikan dahulu. Air hujan malah akan merusak tampilan motormu. Air hujan yang memiliki kandungan asam akan membuat elemen besi di motor kalian karatan serta body dapat jamuran. Alangkah lebih baiknya, tetap teratur membersihkan motormu untuk masih jaga keindahan motormu. Yah, paling tidak satu bulan dicuci 2x, dapat, lah.

Isi Angin Teratur

Pada saat kuliah, aku seringkali terlambat masuk kelas karena ban yang seringkali bocor. Dapat dihitung 2x dalam satu bulan aku tetap alami kebanan. Dosen aku saat itu langsung menceramahi utamanya isi angin dengan teratur untuk kesehatan ban sepeda motor.

Tuturnya, dalam satu minggu, volume angin dalam ban selalu menyusut dikit demi sedikit. Hingga menyebabkan sedikit sela di antara ban dalam serta ban luar. Sebab ban luar lebih kasar daripada ban dalam karena itu ban dalam gampang terkikis, serta dor! Pecah pala berbi~

Sepanjang satu bulan sesudah aku mengaplikasikan isi angin ban dengan teratur satu minggu sekali aku benar-benar alami zero kebanan. Keapesan aku tidak bersambung. Sebetulnya, dosen aku katakan teratur isi angin sekali dalam sepuluh sampai lima belas hari. Tetapi, ya yang namanya parno.

Nah, buat kalian yang memakai ban tubles, langkah lebih baiknya lakukan pengisian angin dengan teratur. Janganlah sampai lupa, sebab jika telah kempes, anginnya akan keluar semua tanpa ada tersisa. Justru lebih repot.

Ubah Oli Teratur

Mengubah oli sangat penting untuk jaga dalaman motor kalian masih ganas serta trengginas. Umumnya faksi dealer serta bengkel akan merekomendasikan kalian untuk mengubah oli setiap 2.000 km atau dua bulan sekali. Bergantung, yang mana dahulu yang diraih.

Untuk yang satu ini, jangan sesekali sampai terlambat mengubahnya. Bisa-bisa motor kalian turun mesin. Biayanya mahal serta tidak dapat usai diperbarui dengan cepat. Minimal motor kalian harus bermalam dua hari di bengkel.

Milih mana? Rp50 ribu setiap dua bulan atau Rp500 ribu setiap enam bulan?

Untuk menghindarkan kelupaan jenis ini, kalian dapat buat reminder pada gawai untuk mengubah olinya. Gampang kan?

Jangan Begitu Memberatkan Motormu

Waktu memakai sepeda motor, upayakan jangan begitu berat memberatkannya. Kelebihan berat yang dijamin sepeda motormu menyebabkan penurunan peranan shock breaker serta roda-roda.

Umumnya faksi pabrik telah menempeli stiker batas maximum berat yang dapat dijamin oleh sepeda motor yang kalian punya. Biarlah, jangan bebani motormu lebih berat . Cukup sudah beban hidupmu sebagai beban baginya, jauhi penggunaan kerombong, apalagi bonceng tiga.
Load disqus comments

0 komentar