Senin, 23 September 2019

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak AC Mobil


Air Conditioner atau disingkat AC merupakan salah satu fitur yang berada dalam mobil sebagai penunjang kenyamanan dalam berkendara. Apabila terjadi kerusakan pada AC, maka akan mengganggu perjalanan Anda. Terlebih jika Anda membawa anak kecil dalam mobil tersebut. Service AC mobil yang tidak dilakukan secara rutin menjadi salah satu faktor AC mobil Anda cepat mengalami kerusakan.



Kebiasaan yang Merusak AC Mobil

Ada beberapa kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari yang menyebabkan kerusakan pada AC mobil Anda. Entah itu kebiasaan dalam mengendarai mobil atau justru kebiasaan yang tidak ada kaitannya dengan mobil. Namun, kebiasaan-kebiasaan ini tidak bisa dikatakan juga sebagai kebiasaan buruk. Karena Anda tidak menyadari secara sepenuhnya. Lalu, apa saja kebiasaan itu? Yuk simak uraian di bawah ini.

  1. Sering Merokok di Dalam Mobil
Asap dan debu yang dihasilkan dari rokok dapat menjadi penyebab AC mobil Anda cepat rusak. Asap dan debu ini berpotensi masuk ke dalam filter, sehingga membuat filter itu menjadi cepat kotor.
Akhirnya, pendinginan yang seharusnya berjalan cepat jadi terhambat gegara ada yang menghalanginya. Lalu, udara dingin yang dikeluarkan juga menjadi kurang maksimal. Nah, daripada AC mobil Anda rusak hanya karena asap rokok, sebaiknya melipir dulu dan merokok di luar mobil.
  1. Membuka Jendela Terlalu Lama Ketika AC Menyala
Kebiasaan membuka jendela mobil saat AC dinyalakan mungkin tidak Anda sadari dapat merusak kinerja AC. Jika Anda membuka jendela terlalu lama, maka kinerja kompresor dalam membuat suhu yang ideal di dalam kabin menjadi lebih berat. Pada akhirnya, AC mobil Anda jadi cepat rusak. Nah, karena Anda sudah mengetahuinya, maka jangan membuka jendela ketika AC mobil Anda sedang dinyalakan.
  
  1. Menaruh Pewangi yang Kurang Tepat
Untuk menyimpan pewangi di dalam mobil sebaiknya menggunakan jenis yang cair, bukan gel. Karena jika menggunakan pewangi berbentuk gel, gel tersebut dapat berubah menjadi gas dan menguap.

Ketika terkena udara dingin yang dikeluarkan AC, uap tersebut akan kembali lagi ke dalam bentuk gel. Dan hal ini beresiko menghambat kinerja filter serta evaporator dalam AC mobil Anda. Namun, jika AC mobil Anda terlanjur mengalami kerusakan karena hal ini, sebaiknya segera lakukan service AC mobil ke bengkel.

  1. Mematikan Mesin Mobil Ketika AC Masih Menyala
Ketika AC masih menyala, sebaiknya Anda tidak mematikan mesin mobil. Karena hal ini akan berdampak pada kerusakan aki atau accu dan juga kelistrikan AC. Saat Anda akan menyalakan mobil dan AC tetap menyala, maka aki bekerja lebih ekstra. Ketika menyalakan mesin mobil, aki memerlukan tenaga yang lebih besar. Dalam hal ini, bisa dikatakan aki bekerja keras memberi tenaga listrik saat menyalakan mobil dan juga pada AC yang masih menyala.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Kabin
Kebiasaan meninggalkan sampah di dalam kabin harus segera dihentikan. Karena dari sampah itulah lahir debu-debu yang masuk ke dalam filter AC. Kemudian terjadi penumpukan debu pada AC tersebut. Nah, hal inilah yang menyebabkan AC mobil Anda cepat mengalami kerusakan. Biasakanlah membuang sampah pada tempatnya ya!

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan AC mobil Anda cepat mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya, Anda perlu mendatangi bengkel AC mobil. Apabila AC tersebut sudah bisa digunakan kembali, jangan sampai melakukan hal yang sama dan AC mobil Anda rusak lagi. Rawatlah mobil Anda seperti Anda merawat keluarga, hewan kesayangan, dan lain sebagainya.

Load disqus comments

0 komentar